Oleh: hmpsekis | Januari 17, 2009

MES PEKALONGAN ADAKAN SEMINAR NASIONAL

PEKALONGAN – Setelah dideklarasikan oleh ketua MES Pusat, Bpk. Aries Mufti pada 29 Oktober yang lalu, kini MES Pekalongan akan mengadakan Seminar Nasional dan pelantikan pengurus MES Pekalongan yang bertajuk “Ekonomi Syariah sebagai Solusi Menghadapi Krisis Keuangan Global”. Sebagaimana diutarakan oleh Amir Mahmud, Sekretaris panitia, “Inti dari acara ini sebenarnya adalah pelantikan pengurus MES pekalongan. Namun, mengingat realitas kondisi sekarang, dan untuk mengemas acara agar lebih menarik, acara pelantikan ini kami kemas dalam bentuk seminar.”

Pada acara yang berlangsung tanggal 18 Januari 2008 ini, panitia mendatangkan Prof. Dr. Veithzal Rivai, MBA. (Ketua V Masyarakat Ekonomi Syariah, MES Pusat) sebagai nara sumber seminar nasional. “Menurut rencana, kita sebenarnya mengundang Bpk. Syafi’i Antonio atau Bpk. Adiwarman Karim untuk mengisi kursi nara sumber. Kami memilih beliau karena nama beliau yang sudah tidak asing di kalangan praktisi mauun akademisi ekonomi syariah. Namun, setelah kami kontak ternyata beliau menyatakan tidak dapat berkenan hadir karena adanya jadwal acara di waktu yang sama,” ungkap Amir Mahmud, di tengah wawancara dengan kru PR HMPS Ekis, “Akhirnya kami mencoba, menghubungi Bpk. Muliaman D Haddad (Ketua MES Pusat), beliau menyarankan Ketua V MES Pusat, Bpk. Veithzal Rivai untuk mengisi kursi nara sumber, yang nantinya juga sekaligus melantik pengurus MES Pekalongan.”

Seminar sehari yang akan diadakan di gedung Kospin Jasa Pusat Pekalongan ini akan dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat, praktisi dan akademisi ekonomi syariah di Pekalongan, para mahasiswa perguruan tinggi di pekalongan dan media massa Pekalongan dan turut diundang pula para birokrat di Pekalongan, kab. Pekalongan dan kab. Batang. Ditargetkan ada 225 orang peserta yang akan mengikuti Seminar Nasional dan Pelantikan Pengurus MES Pekalongan. Jumlah itu termasuk pengurus MES kota Pekalongan yang akan segera dilantik hari Ahad ini.

Pengurus MES yang akan dilantik 18 Januari mendatang, selama satu periode akan di nahkodai oleh Bpk. H. Tegus Suhardi (Kospin Jasa Pekalongan). Selama satu periode kepengurusan, program-program yang akan dilakukan antara lain; Kajian dan diskusi rutin isu-isu Ekonomi Syariah baik yang fundamental maupun yang aktual, Pelatihan Dakwah Ekonomi Islam dengan target sasaran para ustadz dan kiai di pekalongan, dan program yang terakhir adalah Pekalongan Syariah Expo, yang merupakan syariah expo pertama di pekalongan.

Dengan budget mencapai 11 juta, acara ini diharapkan mampu menunjukkan eksistensi MES di Pekalongan dan sebagai upaya membumikan ekonomi syariah di Pekalongan, kota yang berjulukan sebagai kota santri dan kota batik.

NB :
Rekan-rekan mahasiswa ekonomi islam STAIN Pekalongan yang berminat mengikuti seminar nasional MES Pekalongan, dapat melakukan pendaftaran melalui Sdri. Azka Fairuza (0856 40600 567) & Luthfiyati Hasina (0285 7867 841).

by zamrie_74


Tinggalkan komentar

Kategori